Makassar on the go : pulau salamona

0

image

Ya hari kedua di makassar rencana mau ke pulau salamona. Nyebrang nak perahu dari losari tapi belum tahu dimana tempat dermaga nya. Katanya sih di sekitar losari juga.  Karena ini hari minggu jadi jalan kaki aja dari hotel ke lokasi.  Kebetulan ada car free day jadi bisa sekalian jalan-jalan. 
Sampai di losari duh rame nya masyarakat Makassar lagi pada senam. Seru juga masyarakat nya diajak untuk memiliki pantai losari yang jadi icon kota makassar.  Jalan ke arah utara menyisir pantai akhirnya ketemu juga sama dermaga nya selain ada gapura nya juga sepanjang jalan sudah banyak yang nawarin kada sewa kapal. Kapal nya pertama nawarin 500rb untuk 1 pulau antara samalona atau kahyangan tapi akhirnya ditawar jadi 500rb buat 2 pulau.  Perjalanan ke samalona memakan waktu sekitar 30 menit.  Mau liat pulaunya ini dia. 

image

image

image

Bener – bener indah ciptaan Tuhan.  Kaya atol aja nih.  Pulau kecil ini. Jadi bersyukur bisa maen kesini.  Hahaha…
Disini ketika sampe langsung ditawarin n mau sewa pondok apa vila.  Pondok semacam gubuk gitu harganya  50rb dan vila 200rb. Semuanya seharian full.  Kita pilih pondok aja rencana emang cuma setengah hari aja disana.  Terus sewa alat snorkling tanpa fin 50rb. Jadi cuma masker aja sama sepatu selam biar ga injak karang. 
Disana cuma ada 17 kepala keluarga.  Yang memang mengelola pulau tersebut.  Pasir nya masih putih bersih. Air nya juga masih lebih jernih.  Sebenernya malas snorkeling cuma karena pantainya menggoda banget maka hal tahan rasanya mau nyebur.  Bener aja pas nyebur ikan – ikan hias matang ga sulit buat dijumpai. Dari pinggir aja udah banyak ikan hias yang berseliweran di sekitar kita. Mau tau cara biar ikan nya mendekat yaitu dengan bawa roti ke laut waktu snorkeling buat makanan mereka dijamin langsung keluar semua ikan nya.  Mantap…  Oiya disini mungkin tingkat kadar garam nya tinggi jadi kita gak perlu susah payah buat berenang karena udah ngambang sendiri jadi tanpa perlu pelampung lung sudah bisa snorkeling dengan nyaman.  Mantap…

image

image

image

image

image

image

Biasanya penduduk sini juga nawarin buat bakar ikan jelang malam siang.  Cuma yaitu mahal…  Saya ambil ikan 6 biji dikasih 100rb. Ikan nya ya ikan yang warna warni itu di bakar.  Terus ditawarin juga gorengan, nasi, sama sambal.  Kami yang gak bawa banyak duit, mendingan ga usah soalnya mereka pake sistem harga nembak.  Buat 6 ikan bakar habis 100rb, nasi satu piring  20rb, sambel satu piring 20rb totalnya ya itung sendirian deh.  Tapi sambal nya saya akui enak.  Saya penikmat sambel jadi tahu mana yang enak dan ga enak. 
Sebenernya disitu ada warung yang jual keperluan dengan harga yang masih agak normal. 

image

image

image

image

image

Akhirnya setelah puas snorkeling dan main pasir pulang lah kita demam sebelumnya mampir ke pulau kahyangan.  Tapi ternyata pulau nya gak sebagus samalona.  Banyak bangunan rusak mungkin sisa dulu waktu pulau ini masih berjaya.  Sekarang udah rusak. Bufft..  Semoga samalona ga bermain sama. Amin…

image

Pulang dari pulau gak lengkap rasanya kalo gak mampir nyicip pisang ijo yang tentu khas makassar.  Liat di internet katanya yang paling enak ada di jalan andalas namanya warung bravo.  Emang banyak artis sih yang kesini kayanya. Banyak foto artis nempel di dinding.  Harganya  cuma 17 rb aja buat semangkok es pisang ijo.  Nikmat..

image

Ya makassar dapat nilai 7,5 untuk wisata nya. Mantap… 

image

Advertisements

Makassar on the go : Bantimurung dan supir – supir ga jelas.

0

image

Akhirnya jadi juga liburan ke makassar ambil cuti 5 hari langsung cus ke makassar.  Berangkat naik citylink jam 6 pagi. Dari rumah udah siap dari jam setengah 4. Ketika sampai di bandara pengen rasanya teriak “ya”….  Akhirnya bisa juga injak tanah Sulawesi alias pulau celebes. Sampe bandara langsung sewa mobil dadakan buat 3 jam. Sejam nya harganya 90rb. Lumayan juga mahal…  Putar – putar  Makassar bentar minta tolong diantar ke akkarena malah diantar ke trans studio. Dasar dasar.. Kalo gak tau bilang aja ga tau.  Itu yang pertama nanti ada lagi kelakuan sok taw supir Makassar. Akhirnya karena waktu udah mepet buat sholat jumat maka acara ke akkarena dibatalkan. 
image

Langsung aja menuju mesjid terapung yang terkenal di pantai Losari yaitu mesjid amirul mukmin. Untung yang ini dia tau. Nah selesai sholat malam lagi karena perut udah laper maka diputuskan siang itu mau makan konro bakar karebosi. Dan ternyata si sopir kembali membuat blunder dia malah antar ke lapangan karebosi. Ampun dah…  Delahem amat jadi orang..
Yak inilah sedikit penampakan konro bakar yang terkenal itu. Yahh asal coba dan tau aja. Sebenernya ga terlalu suka juga. Rasanya masih so so menurut ane sih. Pendapat pribadi sih. Hhe
image

Malamnya menghadiri acara utama dari atau pembenaran dari liburan kali ini, yaitu kawinan temen. Hahaha
image

Naah akhirnya besoknya petualangan dimulai. Rencana hari ini mau ke desa rammang-rammang dan bantimurung aja. Tp yah kembali bermasalah sama supir. Kali ini supirnya lebih muda dan bawa mobilnya ajep-ajep. Mana gw bawa baby pulak. Ini supir juga entah paham apa engga kalo ada baby disitu, tp dia masih asik aja ngedengerin lagu kenceng-kenceng apalagi kalo bagian lagu kesukaan dia. Dan karena gw jg ga mw merusak acara gw hari ini maka gw cuma bsa tegor aja.
Sopir ini bener – bener kaga tau jalan. Mau ke rammang-rammang bilangnya jauh katanya. Yaudah belok ke leang-leang katanya tau tempatnya taunya nyasar juga. OOn bener. Akhirnya ketemu secara gak sengaja. Jadi patokannya ada gapura selamat datang nah disitu tempatnya sebelah kanan. Nih penampakannya..
image

image

image

image

image

Katanya gambar nya itu adalah gambar tertua di dunia. Gambar rusa dan telapak tangan.
Selesai dari leang-leang lanjut ke Bantimurung sebentar aja udah sampe. Bayar 25rb per orang. Sampe sana agak kecewa soalnya cuma ada air terjun tapi setelah naik keatas jalan sekitar 1 km kearah gua batu baru ketemu bagusnya. Jadi kita akan menyusuri aliran sungai yang berwarna hijau dipagari oleh dinding tebing yang dahulu katanya adalah tebing laut. Sampai di muaranya penampakannya lebih indah lagi daripada di bawah karena lebih sepi juga tempatnya. Sudah sampai situ udah lanjut lah ka gua batu. Gua nya dalam juga sewa senter kecil 30rb.padahal hp juga ada senternya cuma gak apa – apa lah kasih rejeki sama penduduk sana. Isinya wow… Stalaktit purba dan kayanya tempat semedi raja dari Sulawesi. Nih fotonya….
image

image

image

image

image

image

Beres-beres dari Bantimurung langsung lanjut ke Losari buat nikmati suasana sore di pantai. Rame banget Losari kalo sore banyak orang pada nongkrong disana.
image

image

Ya hari ini selesai… Lumayan bagus dan cukup memuaskan. Tinggal masalah sopir nya aja yang kurang. Bufft…

cross country on weekend in Bali

0

image

Jadi ceritanya ini adalah sepedaan jilid dua yang dilangsungkan di Bali. dulu 6 bulab lalu sepedaan jiga di Bali dengan rute Bedugul- Tanah Lot dengan jarak 70km.  Sekarang rencana jarak akan dipangkas dengan total jarak 40km dimulai dari kaki gunung Batur hingga berakhir di Klungkung.

image

Karena rombongan kami nginap di hotel Pop dengan rate sebesar Rp.348rb.. lumayan murah buat sekedar tidur walau saya gak pernah suka sama toiletnya yang mirip dengan mesin waktu. tapi memang sedikit ada peningkatan daripada waktu terakhir saya kesini mengenai sarapan. lebih upgrade lah.

image

image

Yak singkat kata setelah memilih sepeda maka dimulailah perjalanan yang akan membuat pantat sakit. Belajat dari pengalaman sebelumnya maka hal pertama yang saya lihat ketika memilih sepeda adalah jok alias sadel sepeda jangan sampai pantat jadi korban lagi.

image

image

setelah sedikit stratching dan berdoa maka dimulailah sepedaan jilid 2. jalurnya yang berpasir bener-bener menyulitkan jika ban stuck di dalamnya karena langsung jadi berat. Dan kedua uaitu masalah debu. karena ga prepare makanya ga bawa juga tapi untung masih ada handuk.

image

setelah selesai melewati etape pertama. ciee.. hhhaha. kita istirahat di restorant lerwng agung. untuk pemandangan alias view maka restorant ini juara. berada di bibir lembah kaki gunung agung. tapi kalo makanan yaa so so lah. kita juga disitu cuma pesen jus aja sama pisang goreng.. hahaba…

image

image

image

perjalanan lanjut lagi. sedikit melewati medan persawahan kemudian turunan curam yang intinya abisin kampas rem aja.
oke berikut foto-fotonya…

image

image

image

image

image