Makassar on the go : pulau salamona

image

Ya hari kedua di makassar rencana mau ke pulau salamona. Nyebrang nak perahu dari losari tapi belum tahu dimana tempat dermaga nya. Katanya sih di sekitar losari juga.  Karena ini hari minggu jadi jalan kaki aja dari hotel ke lokasi.  Kebetulan ada car free day jadi bisa sekalian jalan-jalan. 
Sampai di losari duh rame nya masyarakat Makassar lagi pada senam. Seru juga masyarakat nya diajak untuk memiliki pantai losari yang jadi icon kota makassar.  Jalan ke arah utara menyisir pantai akhirnya ketemu juga sama dermaga nya selain ada gapura nya juga sepanjang jalan sudah banyak yang nawarin kada sewa kapal. Kapal nya pertama nawarin 500rb untuk 1 pulau antara samalona atau kahyangan tapi akhirnya ditawar jadi 500rb buat 2 pulau.  Perjalanan ke samalona memakan waktu sekitar 30 menit.  Mau liat pulaunya ini dia. 

image

image

image

Bener – bener indah ciptaan Tuhan.  Kaya atol aja nih.  Pulau kecil ini. Jadi bersyukur bisa maen kesini.  Hahaha…
Disini ketika sampe langsung ditawarin n mau sewa pondok apa vila.  Pondok semacam gubuk gitu harganya  50rb dan vila 200rb. Semuanya seharian full.  Kita pilih pondok aja rencana emang cuma setengah hari aja disana.  Terus sewa alat snorkling tanpa fin 50rb. Jadi cuma masker aja sama sepatu selam biar ga injak karang. 
Disana cuma ada 17 kepala keluarga.  Yang memang mengelola pulau tersebut.  Pasir nya masih putih bersih. Air nya juga masih lebih jernih.  Sebenernya malas snorkeling cuma karena pantainya menggoda banget maka hal tahan rasanya mau nyebur.  Bener aja pas nyebur ikan – ikan hias matang ga sulit buat dijumpai. Dari pinggir aja udah banyak ikan hias yang berseliweran di sekitar kita. Mau tau cara biar ikan nya mendekat yaitu dengan bawa roti ke laut waktu snorkeling buat makanan mereka dijamin langsung keluar semua ikan nya.  Mantap…  Oiya disini mungkin tingkat kadar garam nya tinggi jadi kita gak perlu susah payah buat berenang karena udah ngambang sendiri jadi tanpa perlu pelampung lung sudah bisa snorkeling dengan nyaman.  Mantap…

image

image

image

image

image

image

Biasanya penduduk sini juga nawarin buat bakar ikan jelang malam siang.  Cuma yaitu mahal…  Saya ambil ikan 6 biji dikasih 100rb. Ikan nya ya ikan yang warna warni itu di bakar.  Terus ditawarin juga gorengan, nasi, sama sambal.  Kami yang gak bawa banyak duit, mendingan ga usah soalnya mereka pake sistem harga nembak.  Buat 6 ikan bakar habis 100rb, nasi satu piring  20rb, sambel satu piring 20rb totalnya ya itung sendirian deh.  Tapi sambal nya saya akui enak.  Saya penikmat sambel jadi tahu mana yang enak dan ga enak. 
Sebenernya disitu ada warung yang jual keperluan dengan harga yang masih agak normal. 

image

image

image

image

image

Akhirnya setelah puas snorkeling dan main pasir pulang lah kita demam sebelumnya mampir ke pulau kahyangan.  Tapi ternyata pulau nya gak sebagus samalona.  Banyak bangunan rusak mungkin sisa dulu waktu pulau ini masih berjaya.  Sekarang udah rusak. Bufft..  Semoga samalona ga bermain sama. Amin…

image

Pulang dari pulau gak lengkap rasanya kalo gak mampir nyicip pisang ijo yang tentu khas makassar.  Liat di internet katanya yang paling enak ada di jalan andalas namanya warung bravo.  Emang banyak artis sih yang kesini kayanya. Banyak foto artis nempel di dinding.  Harganya  cuma 17 rb aja buat semangkok es pisang ijo.  Nikmat..

image

Ya makassar dapat nilai 7,5 untuk wisata nya. Mantap… 

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s