Mecca

1

image

‎Sekarang mau ngulas tentang pengalaman spiritual di mekkah. Antara mekkah dan madina ternyata kota pertama lebih meninggalkan kesan yang dalam. Haha.

image

Pertama kali ke mekkah awalnya sebenarnya memang ingin menemukan pengalaman spiritual yang dicari-cari. Ternyata Allah mendengar doa tersebut. Hal pertama yang terbersit ketika sampai di kota jeddah adalah

image

“Waw, gak percaya bisa sampai disini”

Datang sebagai manusia undangan terpilih untuk mengunjungi rumah Allah Swt. Karena sudah langsung berihram ketika di pesawat maka mau tidak mau perkataan dan perbuatan harus sudah mulai dijaga. Yang ada hanyalah pikiran yang terngiang-ngiang di kepala dan hati yang selalu bertasbih. 

image

Umroh ini benar-benar coba dinikmati setiap detik dan jengkal tanahnya. Perasaan deg-degan ketika akan memasuki tanah suci mekah. Tentu ada alasan kenapa tanah ini disebut sebagai tanah suci. Tanah dimana setiap jengkal nya adalah mustajab, dimana setiap jengkalnya akan dilindungi oleh Allah dari kerusakan hingga hari kiamat. Mekkah memiliki pintu masuk yang benar-benar membuat setiap manusia terpesona. Terowongan menembus bukit cadas yang panjang seolah membawa jemaah ke dunia lain diluar imajinasi manusia. Setelah masuk rasanya diri setiap orang terberkahi sebagai undangan Allah Swt. Sang maha pencipta alam semesta. 

image

Kebetulan waktu itu adalah hari jumat, dimana waktu sudah sangat dekat menunjukkan waktu beribadah sholat jumat. Dalam jendela bis menuju hotel, di setiap jarak kota mekkah terdapat orang dengan baju ihram dari berbagai jenis wajah di dunia ini datang dengan satu tujuan yang sama. Pertama kali merasakan sholat berjamaah di kota mekkah benar-benar membuat terharu. Suara azan yang terdengar lantang di setiap sudut jalan, derap antusias manusia memenuhi panggilan azan untuk sholat jumat, dan hati nurani manusia yang bertasbih dan bertalbiah seolah-lah bergema menusuk telinga tanpa perlu mereka bersuara. Suatu budaya yang menyenangkan untuk para muslim tanpa harus menyembunyikan identitas atau sekedar gengsi untuk terlalu taat beragama.‎ 

image

Ingin rasanya jantung ini meledak ketika tidak sabar untuk melihat kabah secara langsung. Ya betul, kabah memang hanya sebuah bangunan kotak persegi dengan ditutupi oleh kain hitam bertuliskan arab. Tapi tentu saja sanubari manusia tidak berbohong kepada Sang Khalik nya. Dentuman jantung yang semakin keras ketika langkah demi langkah menuju Baitullah dan melihatnya untuk pertama kali. Subhanallah..

image

Banyak yang bilang pertama kali melihat kabah pasti akan menangis, hal itu seolah-olah menjadi sebuah mainstream bagi jemaah. Tapi pertama yang terlintas dalam benak ini pertama kali adalah keberuntungan melihat dan mengunjungi kota ini dan menyaksikan saksi sejarah keagungan kabah dari masa ke masa semenjak Nabi Ibrahim dan tertulis dalam kitab suci Alquran. Maha Benar Allah yang menurunkan Alquran yang telah menunjukkan bukti-bukti keberanannya kepada mereka yang percaya.‎ 

image

Hari pertama kedua dan ketiga terlewati dengan sungguh berkesan. Masih teringat bagaimana setiap hari dihabisi dengan sholat berjamaah di masjidil haram. Berbaris dengan berbagai umat Nabi Muhammad dari berbagai belahan dunia dan melakukan gerakan ibadah yang sama satu sama lain. Berbagi sejadah dengan orang-orang rupa rupa fisik dan budaya seolah persaudaraan telah terjalin antara setiap orang disana dan dalam benak masing-masing orang. Semua berbaris, bersujud, dan menangis pada satu titik di masjidil haram tanpa perlu ada yang mengatur dan semua terjadi dengan sendirinya seperti telah terlatih untuk melakukannya. Maha Besar Allah yang telah menanamkan kebenaran pada diri-diri manusia di bumi ini. Kebenaran yang hanya tertutupi oleh ego dan ambisi dan nafsu. 

image

Hari itu kemudian adalah waktu Fajr, pukul 05.38. Mencari barisan sholat untuk kemudian menggelar sejadah dan menanti waktu kumandang azan. Sungguh tidak sulit untuk menemukan orang Indonesia disana. Tapi disini kami masing-masing, tidak lagi dilabeli oleh negara dan simbolisme semata. Kami adalah ummat, ummat yang diucapkan sampai tiga kali dalam doa Nabi Muhammad ketika beliau akan wafat. Nabi yang telah mencintai kami ribuan tahun sebelumnya bahkan sebelum kami lahir dan memohonkan ampun atas dosa kami bahkan sebelum kami melakukannya. Nabi yang penuh kasih sayang dan seketika dapat menjadi seorang yang begitu pemberani diantara yang lainnya. Beliau adalah Raja bagi kami, ayahanda bagi kami, dan pemberi syafaat kami bahkan ketika nanti kami diadili di akhirat. Tiba-tiba kerinduan ini muncul seketika, ingin bertemu langsung dengan beliau dan hidup bersamanya di akhirat sana kelak. Tapi apakah kita seberuntung itu? 

image

Fajar kali ini entah terasa lain dari fajar-fajar sebelumnya. Masjidil haram yang begitu terang benderang, bahkan di kala langit masih gelap gulita. Ya, bahkan guratan-guratan dindingnya di kala itu masih terlihat jelas dalam ingatan. Tiba-tiba suara sang imam pun bergema dan seketika itu juga para jemaah melakukan gerakan sholat dan bertakbir bersama. Tidak tahu kenapa, tapi saat itu bacaan imam terdengar sangat menggetarkan hati dan tanpa sadar meneteslah air mata ini. Mengingat kembali dosa-dosa yang dilakukan dan bagaimana saat itu terpikir betapa beruntungnya jika dapat mati di tempat ini. Ya Allah, sungguh indah bacaan imam ini. Berkahilah dia Ya Allah. Begitulah kira-kira doa yang terlintas dalam benak sambil menikmati bacaan Alquran yang teramat merdu yang pernah di dengar sepanjang hidup ini. Imam tersebut bernama Syekh Bandar Baleela, seorang manusia beruntung yang terpilih menjadi imam di Masjidil Haram. Masjid dengan keutamaan tertinggi dimana sholatnya akan dinilai 100.000 kali lipat daripada tempat lain. Indahnya kontrak imam tersebut sampai ketika mati pun dia akan termasuk orang-orang beruntung yang akan di sholati oleh seluruh penduduk mekkah dan jenazahnya akan di kubur dengan tanah-tanah suci di kota mekkah. Kuburan para imam masjidil haram semenjak zaman ke khalifahan, yaitu kuburan tanpa makam, nisan dan hanya sebuah patok. 

image

image

image

image

Hari-demi hari semakin terasa indah di kota mekkah. Seolah sudah menjadi salah satu warga mekkah. Hal yang mungkin kuinginkan di dunia ini saat itu. Menjadi penduduk kota ini dan di sholati oleh seluruh penduduk mekkah untuk kemudian ditimbun dalam tanah suci kota mekkah. Waktu tiga hari diisi dengan sholat dan umroh berturut-turut. Mengumrohkan diri sendiri untuk kemudian di hari berikutnya mengumrohkan ayahanda tercinta yang bahkan belum sempat menunaikan umroh nya dan waktu terlanjur memanggilnya pulang ke Rahmatullah. Pada hari mengumrohkan ayahanda tercinta, di depan kabah sebagai saksi , hati ini menangis dan air mata berlinang memohon kepada Allah Swt menyampaikan pahala umroh ini untuk ayahanda tercinta di alam sana sebagai bakti anaknya kepada orang tua. Pahala yang ikhlas diberikan untuk sang ayah yang mungkin tidak dapat melakukan umrohnya karena harus berkeringat membiayai anak-anaknya bersekolah. Ya Allah jika memang begitu kenyataannya, jadikanlah setiap tetesan keringat beliau sebagai ibadah dihadapanMu. Dan tak lupa sampaikan pahala ini dan salam hamba kepada beliau karena perpisahan ini hanya sementara sampai kami kembali dikumpulkan lagi di alam barzah kelak. Punggung yang sakit, kaki yang lecet, dan peluh yang terus keluar seolah tidak menghentikan langkah ini untuk terus bertalbiah kepadaNya. Sungguh keikhlasan yang ada ketika memang harus mati meninggalkan jasad ini disana. Dunia ini terkadang sungguh membuat lelah, lelah untuk menahan godaan-godaan kesenangan duniawi yang ternyata hanyalah jebakan nafsu belaka. 

image

Oiya,, apa kalian tahu dimana bagian terbaiknya? Yaitu suatu malam setelah menunaikan umroh dan sholat isya di masjidil haram bersama istri tercinta. Istri tercantik dengan kerudung hitamnya yang anggun. Saling berpegang tangan dengan penuh cinta dan kasih sayang. Berjalan menyusuri jalanan kota mekkah bersama ribuan orang lain yang berlalu lalang menunaikan ibadah dilatar belakangi masjidil haram dan sinar bulan di kota mekkah. Alhamdulillah. Undang lagi kami kesana…

Advertisements

Mesjid agung surakarta

0

image

‎Rencana waktu kemarin di solo mau mengunjungi dua mesjid tertua sekaligus. Mulai dari mesjid agung surakarta lalu mesjid laweyan. Tapi karena kesalahan teknis maka mesjid laweyan tidak bisa dikunjungi. Jadi sekarang bahas mesjid keraton aja alias mesjid agung surakarta.

image

Pertama kali lihat mesjidnya keliatan seperti rumah-rumah jawa yang besar. Dengan gerbang yang agak-agak vintage dan tinggi besar menyambut. Dikanannya ada tulisan mesjid agung surakarta, cagar budaya. 

image

Mesjid agung surakarta memiliki halaman mesjid yang luas dengan satu tower untuk kumandang azan kayanya. ‎Selain itu pelatarannya juga lumayan luas. Banyak orang duduk disitu entah lagi nunggu azan selanjutnya atau nunggu orang atau sekedar tidur-tidur. Yang menarik perhatian itu adalah kotak amalnya yang seperti peti besar dengan ukiran-ukiran jawa terbuat dari kayu jati yang oke. Selain itu lantainya yang banyak menggunakan tegel kunci di beberapa bagian benar-benar menambah oke suasana mesjid nya. Karena sekarang trend memakai lantai tegel lagi booming lagi makanya jadi catchy lagi. Di toiletnya ada tulisan angka tahun 1929 dan mungkin itulah tanggal dibuatnya toilet itu. 

Ketika masuk ke dalam mesjid maka soko-soko guru dari kayu jati sudah nampak dari pintu masuk. Pintu-pintu dengan ukiran-ukiran khas batik benar-benar luar biasa. Di depan juga ada mimbar untuk khotib seperti milik Rasulullah di madinah. Walaupun didominasi dengan kayu jati dan ukirannya. Atap-atap yang tinggi tanpa eternit membuat ruangan didalam mesjid jadi sejuk dan betah berlama-lama di dalam.

Jalan-jalan ke Solo yokk

0

image

Setelah ngulas wisata kuliner, sekarang bahas wisata lainnya. Wisata sejarah maksudnya.. 

Kemarin kemana aja yah ke solo.?? 

image

image

image

Kayanya habis dari nikahan agus terus ke kraton. Yaudah bahas keraton ajalah.. setelah sholat zuhur di mesjid keraton lalu mampirlah ke sebelahnya. Keraton surakarta. Bayar 10ribu udah bisa masuk ke keratonnya. Di dalam keraton sih kayanya lebih mirip sama sekolah jaman dulu smp. Sekolah-sekolah jadul peninggalan zaman belanda. Dinding yang tinggi, jendela yang tinggi-tinggi dari kayu. Bentuk kotak dan saling berhadapan dengan tengahnya ada taman atau kalau di sekolahan dulu udah lapangan basket pasti. 

image

Setiap ruangan diisi dengan berbagai macam peninggalan keraton mulai dari uang koin, bagiab-bagian kereta kencana, pusaka, keris, dan lain-lain. Disitu juga ada sumur yang bisa diminum sama pengunjung. Entah ada khasiatnya apa engga. Dari area itu juga bisa tembus ke area kraton yang masih dipakai. Dilihat dari sejarahnya sih memang kayanya keraton ini dulu animisme kepercayaannya sampai akhirnya datang wali songo dan menjadi pemeluk islam. Disini juga kelihatan bagaimana keluarga keraton sangat mengagumi kebudayaan belanda dengan banyaknya hiasan patung belanda yang bisa kita lihat seperti di museum prasasti jakarta. Pencampuran budaya itu benar-benar terlihat dari penggunaan atau kebiasaan dari penduduk keraton. Mulai dari dupa, sumur yang dianggap bertuah, patung-patung dewi belanda, ukiran-ukiran jawa sampai kaligrafi islami. Pokoknya mashed up lah.

image

image

image

Setelah dari keraton geser ke pasar triwindu buat lihat-lihat barang antik. Katanya disini sentra nya barang-barang bekas dan antik. Baca-baca di blog katanya kalau belanja disini bisa bebas lihat kanan-kiri tanpa harus takut dipaksa beli sama penjualnya. Dan ternyata benar sodara-sodara, sesuai dengan apa yang dibaca. Disini isinya mungkin mirip-mirip antara satu toko dengan toko lainnya. Yang paling banyak sih kemarin mulai dari piringan hitam, sparepart kereta kuda, radio antik, hiasan-hiasan dinding, dan besi untuk batik cap. 

Habis itu seperti kebanyakan turis lainnya, perjalanan diarahkan menuju sentra batik di kampung laweyan lalu terakhir ke danar hadi batik. Yang dua terakhir ga perlu dijelaskan, sudah paham semua kayanya.

Kuliner Surakarta the city of batik

0

image

Gus si agus akhirnya merit , punya kesempatan buat datang ke undangannya si agus di solo. Dulu pernah ke solo tapi agak kurang berkesan padahal sekeluarga kesana. Mungkin karena kurang pengetahuan dan tanya-tanya ditambah bawa si eyza jadi agak kagok mau keluar malam. Sekaramg datang sendiri, iatri ma anak ga ikut , cape katanya habis umroh dan juga yang merit bukan jawan angkatan katanya sih gitu. Kayanya intinya alasan kedua yang benarnya.
Sebenernya agak kaget juga waktu di nikahan si agus soalnya konsep baru pertama lihat yang model begitu. Mungkin kinsep nikahan orang solo memang gotu semua kali. Jadi temlat duduk diatur sepanjang koridor menuju pelaminan untuk para tamu dan keluarga terbagi dua dengan posisi bergadapan. Lalu si MC teriaklah dalamnsuatu sesi..
“Kita sambut catring acara kita.. Kinooo catering”
image

image

image

image

Wahh catering aja masuk dalam susunan acara. Lalu suara seperti opening theme 20century fox muncul seperti bioskop. Dannnn voilàaa… muncul para pria berbaris panjang membawa baki makanan dan serta merta langsung dibagikan. Ada 4 jenis makaanan yang dibagi, mulai dari makanana pembuka , soup, makanan utama, dan penutup. Hahah.. mantap,, surpise lah.
image

image

Setelah makan di kondangan yang sengaja saya makan dikit-dikit aja biar masih muat perutnya mau kulineran di solo. Karena sendirian jadi si sopir ajalah ajak harus mau temenin ikut makan juga. Pertama adalah Soto Segeer Mbok Giyem. Banyak soto hang jual soto model gini dengan nama seger nya, cuma yang ini huruf “E” ada dua. Lagian pas banget tempatnya deket sama nikahan, cuma sekitar 300m.
Rasanya mirip soto kudus yah, cuma minus toge aja sih, sisanya sih sama kayanya. Nasi, bihun, daging, ditambah kuah soto bening yang agak asem-asem seger.
image

image

Selanjutnya menginjak sore nyari tempat ngopi buat santai isi tea time sambil ngemil. Cari beberapa referensi kopi di solo akhirnya pilih tempat yang namanya Serius Ngopi. Katanya sih berbagai kopi nusantara ada disini dengan berbagai macam penyajian. Tempatnya agak nyempil di perumahan, tapi gak sulit buat dicari. Pesan kopi gayo original, kopi arabica aceh punya. Kopi favorit sejak dtugas di sumatra dulu.

Agak malam kemudian meluncur ke daerah teuku umar buat makan Nasi Liwet Lemu. Dan waw.. oke ini kuliner terbaik hari ini. Rasanya oke dan buat pengen nambah nasi. Kalo harga sih murah lah sekitar 25rb buat liwet komplit.
Dan kuliner malam ini ditutup dengan Wedang Ronde Dongo. Dekat situ juga tempatnya sekitar 50 meter aja dari nasi liwet. Malam-malam dingin benar-benar pas makan ronde buat penutup. Dan kesan untuk kunjungan kedua kali ini adalah yess, i will back again. Perfect.. thanks SOLO. see you later.

Masjid asmaul husna, gading serpong, tangerang , banten,indonesia.

0

image

‎Sekarang gw punya hobi baru.. setelah pulang umroh dan disana begitu menghayatinya tiap detil masjidil haram dan takjub dengan kemampuan manusia untuk membuat bangunan seindah itu. Akhirnya sekarang doyan liat-liat mesjid yang bagus-bagus hanya buat sholat 2 rakaat dan menikmati setiap detil yang ada di mesjid tersebut.

Pilihan pertama jatuh kepada mesjid asmaul husna di gading serpong bsd. Tempatnya ga jauh dengan sumarecon mall serpong.  

uniknya karena desain mesjidnya kali ya terutama dinding mesjid bagian luar yang dihiasi asmaul husna dengan huruf arab kufi alias arab kotak-kotak. Berarti ada 99 kotak yang ada di mesjid ini dengan dominan warna hijau. Entah kenapa hijau yang dijadikan tema islam di Indonesia ya. Apa karena bendera arab saudi warnanya hijau? Hhehe ntr alasannya googling lagi dah.

Sekarang masuk ke dalam bangunannya yang terdiri 2 tingkat. Lantai bawah buat ruang serba guna kayanya. Lantai atasnya baru buat sholat. Kayanya kurang friendly, susah ntr kalo orang yang kesulitan jalan mau sholat disini. 

image

Tempat sholatnya diatas agak panas, mungkin sirkulasinya ga banyak udah gitu kipasnya dimatiin lagi. karpetnya terhampar dengan logo bintang diatasnya. Entah juga kenapa dari sekian banyak shape yang dipilih bintang. 

Yang seru adalah ada etalase kecil di lantai bawah tulisannya “barang milik jamaah yang tertinggal” pas diliat isinya kebanyakan jam tangan. Jam tangannya bukan asal jam tangan lagi nih. Mantap emang nih pasti yg sholat disini orang tajir semua. Wkkw.

Shocking moments at Makkah Al Mukarromah

0

image

Alhamdulillah akhirnya jadi juga berangkat umroh.. setelah nabung setahun lamanya bisa dapat paket umroh yang sesuai kantong. Tapi disini kita gak akan bahas bagaimana pengalaman spiritual selama disana. Disini hanya akan dibahas tentang kota makkah dan sekitarnya dan hal-hal menarik yang terjadi di mekkah.
image

Mekkah itu ternyata kota kecil aja , paling hanya sebesar kecamatan aja kalo di bogor sih. Isinya bukan gurun tapi bukit-bukit berbatu cadas di daerah tinggi. Mekkah dikelilingi gunung-gunung cadas bahkan dimana beberapa bangunannya sengaja membiarkan batu cadas tersebut dalam kondisi semula karena tingkat kekerasannya jadi daripada ngabisin duit buat buat lubang di cadas , bagus bangunannya aja yang di sesuai dengan batu nya.
Pertama kali datang atau masuk ke kota mekkah , diberitahu sama tour guide nya bahwa akan masuk ke kota mekkah yang dimulai dengan terowongan yang menerobos sebuah gunung batu yang cukup panjang. Rasanya kaya masuk ke dunia lain, bahwa ada dunia lain yang eksis di balik gunung superkeras tersebut. Dan pas masuk MasyaAllah hampir gak percaya bisa sampai kesini. Tempat yang jauh dari rumah dimana peradaban dimulai di dunia ini. Turun dari bis, kita sudah disambut suara-suara pedagang nawarin dagangan dengan bahasa indonesia. Haha.. kayanya memang orang indonesia yang paling doyan belanja disini. Hampir seriap toko bisa bahasa indonesia yang simple dan angka-angka  dalam bahasa indonesia. Memang dari 10 kali lihat muka yang lalu lalang di mekkah, mungkin 4 diantaranya adalah orang indonesia. Waktu itu kita datang hari jumat, hal lain yang membuat takjub dengan kota ini adalah saat waktu azan memanggil semua toko tutup dan semua menggelat sejadahnya bahkan sampai dipinggiran jalan dan sepanjang trotoar jalan. Dulu memang pernah denhar seperi itu, tapi baru percaya setelah lihat langsung disana. Nginap di salah satu hotel bintang 3 katanya sih , namanya hotel saraya el iman. Letaknya di pinggir jalan, hanya 200 meter dari masjidil haram.
image

image

image

Hal lain yang bikin kaget adalah banyak pedagang dari nigeria atau negara afrika , gak nanya juga lahian datang dari mana, tapi karena berkulit gelap maka saya kira dari afrika, yang berjualan dengan model gelar kain di pinggir jalan. Sebenernya yang kaya begini banyak di indonesia. Tapi yang bikin lucu adalah waktu ada razia dari polisi disana, pedagang langsung lari terbirit-birit dengan gembolan dagangannya. Mereka lari ke segala arah termasuk pedagang-pedagang perempuannya. Jadi mereka jualam sambil gak tenang gitu lah, tengok kanan – kiri sambil liat apa ada mobil polisi yang datang. Pas mobil polisi datang akhirnya aksi dagang jadi gak konsen. Hal ini yang serinh dimanfaatin sama pembeli nya, akhirnya si pedagang terima aja duitnya gak pake tawar lagi. Ini yang dinamakan konsistensi dalam melakukan penindakan. Gak kaya di sini, pedagang udah pada buat bangunan dulu semi permanen baru di razia satpol pp. Ya ribut lah.. disana memang gak dikasih ruang yang lega buat pedagang emperan kaya gitu. Biasanya mereka muncul setelah sholat shubuh dan isya.
image

image

Hal lain yang bikin shock,, banyaknya coretan orang indobesia di situs-situs warisan isla. Ini lebih ke malu, marah, sedih. Norak banget sih ini orang , bocah banget. Sebel juga waktu lihat coretan isi nya tulisan indonesia semua kebanyakan. Ampun dah kita mah, terlalu kreatif tapi tidak tersalurkan. Orang kita pada kurang perhatian, jd pada cari perhatian kemana – mana.
image

image

Yang lain adalah realitas kalo minyak arab yang suka dibawa orang indonesia adalah air pipis onta betina yang masih perawan. Entah bener apa engga tapi sang tour leader nya pun memberi pengalaman suksesnya sembuh dari penyakit kuning. Aih aihh.. kalo susu onta masih bisa terima lah gw. Karena meres nya depan kita dan langsung masuk botol. Tapi kencing onta ???? Haduh gak taw dah kencing siapa tuh dimasukin, bentuknya sama semua. Mau pedagangnya bohong juga gak ada yang tahu. Wkwkkk
Terus sekarang mau komentarin hotel. Walaupun dibilang hotel bintang 3 tapi jangan harap isinya kaya bintang 3 yang ada di sini. Tapi ya disana namanya niat mau ibadah ya yg penting kamarnya nyaman dan wc nya bersih cukup deh. Kayanya disana hotelnya udah gakn peduli sama yang namanya pelayanan. Contoh petugas resepsionis setiap saat kain game, bahkan waktu gw tanya dia jawab sambil main game, kalo disini udah gw semprot dah tuh. Nomor kamar ada yang copot dan digantikan dengan tulisan spidol, wkwkwk. Mau makan antri kaya warteg atau kasih jatah sembako. Petugas katering nya lebih mirip abang yang suka jaga konter hape di mall . Tapi ya itulah, karena mereka gak perlu susah cari tamu dan kamar selalu terisi maka yaaaa pelayanan adalah nomor dua. Awalnya shock tapi besoknya sudah maklum deh, lagian pasti jarang di hotel karema waktunya habis buat ibadah.
image

image

image

Hal lain yang membuat ternganga adalah toilet di masjidil haram. Toiletnya ada di basement, turunnya pake eskalator segala . Gak ada urinor , semuanya bilik wc. Walau wc nya rada bikin ilfeel tapi masih cukup bersih lah. Dan terakhir yang rada bikin shock adalah…. waktu kita sholat, terutama jika dapat lokasi di pelataran atau jalan karena pintu mesjid yang sudah ditutup atau memang sudah stuck. Gelar sejadah, awalnya oke- oje aja. Lama -lama banyak orang maksa nyelip buat sholat sehingga sejadah yang tadinya alas buat sholat malah keinjak -injak orang lewat. Terutama kalo polisi yang lewat, gak pake lepas sepatu langsung injak saja. Rese emang tapi namanya lagi ihrom ya harus sabar.
Kaya nya itu lah sekian shocking momment yang ada di mekkah. Perbedaan kultur dan kebiasaan memang harus disikapi lah. Kalo orang indonesia yang pada darah tinggi dan disertai kesadaran hak asasi yang nanggung karena lebih mengutamakan hak daripada kewajiban pasti akan darah tinggi semua kalo jalan-jalan ke arab. Untungnya orang indonesia pintarnya jago kandang, alias garangnya aja disini, kalo keluar pada ciut semua .. hhehe.
image

Oiya satu lagi kebab arab ga enak, enakan kebab baba rafi.. hhaha nyebut merk dah.