Kuliner Surakarta the city of batik

image

Gus si agus akhirnya merit , punya kesempatan buat datang ke undangannya si agus di solo. Dulu pernah ke solo tapi agak kurang berkesan padahal sekeluarga kesana. Mungkin karena kurang pengetahuan dan tanya-tanya ditambah bawa si eyza jadi agak kagok mau keluar malam. Sekaramg datang sendiri, iatri ma anak ga ikut , cape katanya habis umroh dan juga yang merit bukan jawan angkatan katanya sih gitu. Kayanya intinya alasan kedua yang benarnya.
Sebenernya agak kaget juga waktu di nikahan si agus soalnya konsep baru pertama lihat yang model begitu. Mungkin kinsep nikahan orang solo memang gotu semua kali. Jadi temlat duduk diatur sepanjang koridor menuju pelaminan untuk para tamu dan keluarga terbagi dua dengan posisi bergadapan. Lalu si MC teriaklah dalamnsuatu sesi..
“Kita sambut catring acara kita.. Kinooo catering”
image

image

image

image

Wahh catering aja masuk dalam susunan acara. Lalu suara seperti opening theme 20century fox muncul seperti bioskop. Dannnn voilàaa… muncul para pria berbaris panjang membawa baki makanan dan serta merta langsung dibagikan. Ada 4 jenis makaanan yang dibagi, mulai dari makanana pembuka , soup, makanan utama, dan penutup. Hahah.. mantap,, surpise lah.
image

image

Setelah makan di kondangan yang sengaja saya makan dikit-dikit aja biar masih muat perutnya mau kulineran di solo. Karena sendirian jadi si sopir ajalah ajak harus mau temenin ikut makan juga. Pertama adalah Soto Segeer Mbok Giyem. Banyak soto hang jual soto model gini dengan nama seger nya, cuma yang ini huruf “E” ada dua. Lagian pas banget tempatnya deket sama nikahan, cuma sekitar 300m.
Rasanya mirip soto kudus yah, cuma minus toge aja sih, sisanya sih sama kayanya. Nasi, bihun, daging, ditambah kuah soto bening yang agak asem-asem seger.
image

image

Selanjutnya menginjak sore nyari tempat ngopi buat santai isi tea time sambil ngemil. Cari beberapa referensi kopi di solo akhirnya pilih tempat yang namanya Serius Ngopi. Katanya sih berbagai kopi nusantara ada disini dengan berbagai macam penyajian. Tempatnya agak nyempil di perumahan, tapi gak sulit buat dicari. Pesan kopi gayo original, kopi arabica aceh punya. Kopi favorit sejak dtugas di sumatra dulu.

Agak malam kemudian meluncur ke daerah teuku umar buat makan Nasi Liwet Lemu. Dan waw.. oke ini kuliner terbaik hari ini. Rasanya oke dan buat pengen nambah nasi. Kalo harga sih murah lah sekitar 25rb buat liwet komplit.
Dan kuliner malam ini ditutup dengan Wedang Ronde Dongo. Dekat situ juga tempatnya sekitar 50 meter aja dari nasi liwet. Malam-malam dingin benar-benar pas makan ronde buat penutup. Dan kesan untuk kunjungan kedua kali ini adalah yess, i will back again. Perfect.. thanks SOLO. see you later.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s