Peacefull Park : komplek Candi Prambanan

image

Gak salah nama lokasi tempat duduk ini yang berada di kawasan komplek candi prambanan. Ini pertama kali kesini setelah 29 tahun. Haha.. area candi prambanan di yogyakarta memang sangat mengesankan. Cukup dengan membayar Rp.60.000 untuk paket wisata candi palosan dan candi sojiwan. Komplit deh acara wisata candi hari ini. 

image

Dengan naik shuttle car menuju ke tujuan pertama yaitu candi plaosan. komplek candi nya gak terlalu besar sih. Dengan dikelilingi stupa-stupa yang lantak akibat gempa dan dimakan usia, candi plaosan meninggalkan dua candi utama di tengahnya. Candi yang berdiri megah di tengah rerumputan hijau benar-benar cocok deh. Putar-putar kemudian coba masuk ke dalam candi plaosan. Di dalamnya dingin, angin yang keluar dari candi tersebut sejuk walau di dalamnya tidak ada jendela sama sekali. Disana pemandunya antusias banget kalo antar turis bule. Bahkan ada turis bule dari belanda datang, maka si pemandu cas cis cus juga bahasa londo. Luar biasa emang.  

image

image

Di candi prambanan benar-benar luar biasa, luar biasa dalam arti sebenarnya. Gak nyangka kebudayaan masyarakat Indonesia zaman dulu. Membuat tumpukan-tumpukan batu jadi monumen yang luar biasa keren dan indah. Batu-batu yang disusun tanpa semen dan ukiran-ukiran yang begitu detail. Yah pokoknya sepanjang perjalanan cuma bisa berpikir : Kok bisa yah??

image

Beberapa candi ada yang sudah di renovasi, kelihatan dari bentuk candi nya yang halus dan ada bekas tempelan semen. Beda dengan. Yang asli, agak kasar dan banyak jamur dan pecahan di sana-sini. 

image

image

image

Masuk ke candi terbesar di komplek area prambanan, yaitu candi siwa. Dan ternyata sama, bangunan setinggi itu ternyata hanya untuk diisi ruangan utama yang berisi patung dewa yang berarti memang dibuat untuk ritual keagamaan. Padahal dulu waktu masih kecil kirain ini kerajaan atau rumah raja-raja. 

image

Putar-putar dan akhirnya sampailah di area peace park ini. Duduk di bawah rindangnya pohon… entah pohon apa ini, benar-benar peacefull. sambil ketika nengok ke sebalah ada hamparan rumput hijau segar dan bangunan candi megah di antara balik pohon. Luar biasa. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s